Rabu, 23 Maret 2016

HARI PERTAMA PDH KEMEJA PUTIH DI SIDRAP

HARI PERTAMA PDH KEMEJA PUTIH DI SIDRAP
*DARI MIRIP SALES SAMPAI JOKOWI


 

Rabu, 16 Maret 2016 menjadi hari pertama pegawai lingkup Pemkab Sidenreng Rappang mengenakan Pakaian Dinas Harian (PDH) kemeja putih. PNS maupun non PNS, terlihat berpakaian kemeja putih dipadu bawahan warna gelap hari itu.

Sebenarnya Surat Edaran Bupati Sidrap Nomor 061/35/Org yang mengatur penggunaan kemeja putih berlaku sejak 7 Maret 2016 lalu. Namun Rabu pertama sejak aturan ditetapkan, 9 Maret 2016, bertepatan libur Hari Raya Nyepi.

Terpantau di Kantor Bupati, berbagai komentar bernada gurauan terlontar di hari pertama itu. Ada yang mengatakan mirip sales, CPNS prajabatan, mahasiswa ujian meja, karyawan bank, perawat atau polisi reserse. Bahkan pegawai yang mengenakan kemeja lengan panjang dan digulung setengah lengan dipanggil Presiden Jokowi oleh rekannya.

Sementara itu model kemeja mereka pun cukup beragam. Selain lengan panjang dan lengan pendek, ada kemeja dengan dua kantong ada yang cuma satu. Ada yang menggunakan lidah tempat pangkat di bahu ada yang tidak, serta ada kemeja yang dihiasi bis berwarna di tepi lengan baju. Ada juga kemeja yang ada tulisannya.

Menanggapi keragaman tersebut, Kabag Organisasi Setda Sidrap, Mahmud mengatakan, gambar model PDH kemeja putih telah terlampir di Surat Edaran Bupati. Dijelaskannya, gambar tersebut merujuk Permendagri No 6 tahun 2016 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Mendagri Nomor 60 Tahun 2007 tentang Pakaian Dinas Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Departemen Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah.

"Warnanya putih polos, tidak ada lidah tempat pangkat dan kantongnya cuma satu. Dan ingat tetap dilengkapi lencana Korpri, papan nama, tanda pengenal, pin phinisi dan tanda jabatan,"jelas Mahmud.
Terkait lengan panjang dan lengan pendek, diungkap Mahmud ada aturan tersendiri. Dipaparkannya, lengan panjang dan pendek dapat digunakan untuk Pejabat Tinggi Madya dan Pejabat Tinggi Pratama, sementara lengan pendek digunakan untuk Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas serta Pejabat Fungsional.

"Kesimpulannya lengan panjang digunakan eselon dua, sementara eselon tiga ke bawah pakai lengan pendek. Kecuali perempuan yang berjilbab tentu saja pakai kemeja lengan panjang,"terangnya.
Mengenai pemakaian kemeja di luar atau di dalam celana/rok, diuraikan mantan Kabag Humas Setda Sidrap itu tergantung model ujung bawah kemejanya. "Kalau potongannya lurus ditaruh diluar, tapi kalau yang potongannya melengkung di bagian samping atau di belakang itu dimasukkan,"katanya.
"Diharapkan pekan depan pemakaian PDH kemeja putih ini lebih seragam lagi,"kunci Mahmud.

 

Late Post
Sumber : Tenteng Camera